Proyek AudioBook – Group Chat

 

Media Komunikasi untuk Group Chat & Pengumuman Proyek

Untuk diskusi bersama teman2 lain dan pengumuman proyek ini, kita akan pakai aplikasi chat bernama Discord. Tiap minggu pagi, aku akan tulis di Discord link video di youtube yang perlu kamu tonton. Dalam video itu ada penjelasan tugas yang perlu kamu kerjakan. Nanti untuk mengumpulkan tugasnya, kamu tinggal kirim ke aku lewat Discord juga.

Aku harap kamu memperhatikan pengumuman proyek dan menonton videonya yaa.. supaya nanti kamu ngga bingung lagi.. “Sekarang tugasnya apa tante? Cara ngerjainnya gimana?”

Nah, supaya kamu dapat notifikasi di HP tiap ada pengumuman baru, sebaiknya kamu install Discord di HP kamu atau HP mama kamu.

Kenapa pakai Discord? Kenapa ngga pakai WhatsApp aja?

  • Aku bisa bikinin username buat anak & emak di Discord. Pengalaman di group chat WhatsApp yang lalu, banyak suka bingung… ini lagi ngomong sama emaknya atau sama anaknya? Udah gitu karena nama WhatsApp pakai nama emaknya, tiap kali anaknya ngomong selalu nanya, “Eh kamu siapa?”, aku jadi geli campur prihatin huehehe…
  • Discord punya fitur multi channel (kayak TV kabel gitu, bisa ada banyak channel nya). Jadi aku bisa bikin 1 channel #news untuk pengumuman dan 2 channel lagi untuk group chat (#studio1 untuk ngobrol sesama anak2 dan #studio2 untuk ngobrol sesama emak2 :P). Kalau di WhatsApp kan ngga ada tuh, untuk nyari info pengumuman rada susah harus banyak scroll ke atas.
  • Selain itu Discord juga punya fitur permission. Jadi aku bisa set channel #news sebagai read-only, sehingga kamu bisa baca tapi ngga bisa reply (kalau mau nanya2 bisa diskusi di #studio1 aja). Karena channel #news isinya khusus untuk info pengumuman dan ngga ada obrolan yang nyampur, kamu jadi gampang cari infonya, ngga perlu scroll banyak2 ke atas.
  • Discord punya voice channel, sehingga kamu dan teman2 satu grup bisa join untuk ngobrol langsung (kali aja kamu cape ngetik pesan di HP/komputer hehe..). Voice channel itu ibaratnya siaran radio interaktif, jadi kalau kamu mau dengerin dan ikut komentar kamu bisa join. Nanti kalau di tengah2 obrolan kamu ada urusan kamu bisa disconnect voice channel, sementara yang lain tetap melanjutkan. Sedangkan kalau WhatsApp… setahu aku belum ada fitur group call nya hehe…
  • Ada multi voice channel di Discord, jadi nanti kalo emak2 nya juga mau ngobrol bisa aja ngerumpi di kamar sebelah xD
  • Pesan yang kamu tulis di Discord bisa kamu hapus dan edit. Kalo di WhatsApp kan ngga bisa tuh.. jadi kalo kamu salah ngirim pesan/foto kamu tinggal hapus/edit, nanti pesan kamu di HP semua orang akan ter-update.
  • Di Discord ada BOT. Yup, BOT alias Robot :D Ada bot buat dengerin musik, bot buat komik, ada bot buat record audio, dll. Jadi kalau kamu ngga punya app buat rekam suara di HP, kamu bisa pakai bot di Discord.
  • Discord bisa dibuka di HP dan di komputer. WhatsApp juga ada versi web nya, tapi kalau HP kita lagi mati/offline, versi webnya ngga bisa dibuka… kriik… kriiik…
  • Notification setting per channel. Jadi kalau ada channel yang isinya ngga penting bisa di mute xD

Cara install Discord di HP

Channel Discord di Cerivitas & Notification Setting

Kalau kamu sudah masuk ke server Discord nya Cerivitas, kamu nanti lihat ada banyak channel. Kamu bisa menyapa dan ngobrol ini itu sama teman2 di channel #general. Channel #music dipakai untuk nyuruh Rythm dan FlareBot buat nyetel musik. Channel #minecraft buat ngobrol sama temen2 yg lagi online di server Minecraft nya Cerivitas. Channel #coding + tim merah/kuning/biru/hijau buat CodeJam & konsultasi coding, dll dsb.

Channel yang kita pakai buat proyek Audio Book yaitu #news (untuk pengumuman), #studio1 (untuk diskusi sesama anak2), dan #studio2 (untuk diskusi sesama emak2). Emak2 aku kasih permission untuk chat di channel #studio1 dan #studio2, sedangkan anak2 aku kasih permission untuk chat di #studio1 aja.

Bagi yang baru daftar, nanti aku kirimin info Username & Password kamu untuk login ke Discord yaa.

Catatan buat emak2: Supaya notif di HP ngga terlalu banyak, kita bisa mute channel yang lain. Caranya sebagai berikut:

setting-notif-di-discord
Cara setting notification di Discord

Ohya, kalau kamu nyari aku di Discord, username aku kavacha yaa. Fotonya yang paling cantik disana haha… just kidding, guys! Kalau kamu mau nanya2 khusus ke aku (ngga mau nanya di group chat), boleh lewat pesan pribadi di WhatsApp maupun Discord yah.

Ok, segitu dulu info kali ini. Silahkan hubungi aku kalau ada pertanyaan yaa :)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s